Rabu, 28 Agustus 2013

KANDUNGAN DAN KHASIAT ASHITABA


ASHITABA BAPETRO



Tanaman Obat (TO) Ashitaba (Angelica keiskei K.) kaya betakaroten, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12, biotin, asam folik dan vitamin C, dan juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, fosfor, seng dan tembaga. Vitamin B12 berfungsi untuk membantu memproduksi sel darah merah, membantu meningkatkan produksi hormon, memperkuat sistem imun tubuh dan meningkatkan daya pikir.

Selain nutrisi tersebut, Ashitaba mengandung cairan pekat berwarna kuning, dipenuhi senyawa alam Kalkon, di dalamnya terdapat dua zat yang terbukti sangat bermanfaat untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit degenerative, yakni: Xanthoangelol dan 4-hydroxyderricin: 4HD.

Kalkon (Chalcone) penyebarannya di alam sangat terbatas dan hanya ditemukan pada beberapa golongan tumbuhan dalam jumlah sedikit. Kalkon dalam jumlah besar di alam terdapat pada tanaman obat Ashitaba. Perpaduan Kalkon dengan Klorofil beserta senyawa-senyawa lain di dalam Daun Ashitaba, menghasilkan daun yang bermutu tinggi untuk pencegahan dan pengobatan penyakit, khususnya kanker.

Namun demikian, Ashitaba juga dapat digunakan membantu menyembuhkan penyakit diabetes. Bahkan, dalam hal ini, bukan bermaksud untuk berlebihan, Ashitaba dapat disebut sebagai tanaman insulin sebagaimana terungkap dalam berbagai penelitian ilmiah (Ohnogi et.all, 2007, Enoki T. et.all, 2007 dan Kawabata et.all, 2011).

Selain Antikanker dan Antidiabetes, Ashitaba berkhasiat pula sebagai antioksidan, membantu melindungi organ tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas dan memperlambat proses penuaan (antiaging).
Ashitaba juga berkemampuan detoksifikasi, membuang sisa racun dalam tubuh, memperhalus gerakan usus, membersihkan darah, membantu melancarkan peredaran darah, mengatur kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, mencegah osteoporosis, memperkuat system kekebalan tubuh serta menekan sekresi asam lambung, Ashitaba juga membantu meningkatkan fungsi ginjal serta menstimulasi usus besar untuk mengurangi penyerapan kembali toksin misalnya dari cairan empedu.

KANDUNGAN NUTRISI ASHITABA per 100 gr

Kandungan
Jumlah
Vitamin   A
21300   IU
Vitamin  B1
1.15   mg
Vitamin  B2
1.97   mg
Vitamin  B6
1.11   mg
Vitamin  B12
0.04   mg
Vitamin   C
330    mg
Vitamin  E
25.6   mg
Biotin
28.5   mg
Serat
28.1   mg
Total Karoten
38.3   mg
Asam pantotenat
3.48   mg
Protein
36.8   mg
Mangan
216   mg
Kalsium
478   mg
Zat besi
31.9   mg
Potasium
4.06    g
Sodium
365   mg



3 komentar:

classic mengatakan...

berapa harga daun ashitaba kering 1 kg yang belum diolah jadi teh ?

Unknown mengatakan...

Alhamdu lillah

Adi susetiya mengatakan...

Wa.me/6282333670516

Posting Komentar